Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Melek-Sistem-Keuangan-dengan-Perubahan-Pola-Pikir
Melek Sistem Keuangan dengan Perubahan Pola Pikir
2018
Jenis-Investasi-yang-menguntungkan
Jenis Investasi yang Menguntungkan
2018
Show all

Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Tips-Mempersiapkan-Dana-Pendidikan-Anak

Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak. Ada seorang teman yang sudah menikah beberapa tahun tetapi mereka memilih untuk tidak mempunyai anak dulu. Ketika ditanya mengapa?

Dia menjawab, “Wah Bro, gue takut banget punya anak. Loe coba lihat sekarang, biaya sekolah di mana saja sudah mahal banget. Buat biaya sehari-sehari saja sudah susah, apalagi kalau kita mau punya anak”

Jika bicara soal dana pendidikan, banyak orangtua yang mengeluh tentang biaya pendidikan yang semakin mahal. Banyak orangtua yang bilang uang sekolah bulanan anaknya yang masih di SD, sama besar atau bahkan lebih besar daripada uang pangkal kuliah mereka dulu

Jangan heran, Kita tahu bahwa semua harga-harga pasti naik, termasuk biaya pendidikan. Tetapi yang perlu kita sadari adalah biaya pendidikan naik lebih cepat daripada kenaikan harga kebutuhan pokok sehari-sehari bahkan bisa sampai dua kalinya

Coba kita lihat sekarang, masuk TK atau SD saja, sekarang sudah belasan juta rupiah. Apalagi uang masuk kuliah di universitas yang bagus  Saat ini biaya kuliah di salah satu universitas swasta Jakarta, sampai selesai, bisa mencapai ratusan juta

Kenaikan biaya pendidikan bisa sebesar 20%. Kita ambil contoh, anak kita baru lahir saat ini, masuk kuliah kira-kira umur 17. Biaya kuliah anak 17 tahun kemudian mungkin bisa miliaran.

Itu baru anak pertama!

Gimana kalau nanti ada adiknya?

Melihat angkanya saja sudah bikin hati kita ketar ketir, takut, kepikiran gimana caranya bisa ngumpulin dana sebanyak itu?

 

Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Setelah kita mengetahui berapa besar dana pendidikan yang dibutuhkan, timbul pertanyaan berikutnya. Bagaimana cara mempersiapkan dana pendidikan yang jumlahnya tidak sedikit itu?

Kunci keberhasilan di dalam mempersiapkan dana pendidikan adalah dengan berinvestasi sedini mungkin. Karena semakin cepat kita berinvestasi, semakin panjang waktu yang kita punya. Dan semakin kecil jumlah yang harus kita investasikan per periodenya.

Dana pendidikan merupakan salah satu tujuan keuangan utama

Dalam berinvestasi, kita tidak bisa sembarangan, dan harus berhati-hati. Untuk mencapai tujuan tadi, kita harus memiliki sebuah perencanaan yang mendetail dan matang. Tidak bisa kita punya atau pakai prinsip “Gimana Nanti” tetapi harus memiliki prinsip “Nanti Gimana?

Saat kita akan mempersiapkan biaya kuliah anak, saat mereka masuk kuliah, katakan 17 tahun yang akan datang, maka 17 tahun itu akan menjadi time frame dari investasi kita. Sedangkan besar kenaikan biaya pendidikan per tahun misalnya 20% Itu akan menjadi return minimal dari investasi kita. Jadi semakin besar nilai return aktual, itu akan menjadi semakin baik.

 

Langkah-langkah mempersiapkan biaya pendidikan Anak

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mempersiapkan biaya pendidikan diantaranya

Menentukan tujuan

Tentukanlah rencana pendidikan anak kita terlebih dulu. Jika sampai jenjang S1, maka pilihlah sekolah dari TK, SD, SMP, SMA, dan S1, yang sesuai dengan kriteria dan gunakan prinsip SMART (Specific, Measurable, Attainable, Realistic, and Time Bound)

Biaya sekolah

Cari tahu berapa besar biaya sekolah-sekolah pilihan kita tadi dan juga berapa besar kenaikan biaya per tahunnya atau tingkat inflasi

Future value

Menghitung biaya sekolah yang dibutuhkan dengan menggunakan rumus future value. Hal ini akan kita bahas di artikel yang lain.

Produk investasi

Pilihlah jenis produk investasi yang terbaik yang sesuai dengan kondisi kita

 

Ayo mulai persiapkan dana pendidikan anak Anda mulai dari sekarang dan jangan menunda. (Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak.)

 

Baca juga: Cara menghitung uang pertanggungan asuransi jiwa

Sumber: Prof. Candra Chahyadi, MBA, PH.D, CFA, CAIA


Mitra Asuransi
Mitra Asuransi
Kami hadir untuk memberikan informasi terbaru dan terupdate kepada Anda mengenai asuransi. Banyak detail yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli produk asuransi.

5 Comments

  1. […] mengedukasi atau mengajar keuangan untuk anak. Pentingkah mengajar anak mengelola keuangan? Sangat penting. Karena kemampuan mengelola keuangan adalah sebuah lifeskill yang sangat menentukan […]

  2. […] ayam, atau kodok, atau benda lain seperti kaleng yang kita hias sendiri. Intinya, kita punya tempat menabung […]

  3. […] Baca juga: Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: