Prosedur Klaim Asuransi Mobil

Kelebihan-Dan-Kekurangan-Asuransi-Prudential
Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Prudential
2017
Tips-Mendapatkan-Asuransi-Kesehatan-Terbaik
Tips Mendapatkan Asuransi Kesehatan Terbaik
2017
Show all

Prosedur Klaim Asuransi Mobil

Prosedur-Klaim-Asuransi-Mobil

Prosedur Klaim Asuransi Mobil. Kecelakaan dan bencana merupakan kejadian yang tidak kita inginkan. Namun kenyataannya, keduanya selalu mengiringi kita. Mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan tersebut, asuransi menjadi salah satu jalan yang bisa kita lakukan. Termasuk asuransi mobil.

Ketika mengklaim kendaraan untuk diasuransi ada beberapa prosedur yang harus dilaksanakan oleh pengguna ansuransi atau nasabah. Berikut prosedur klaim asuransi mobil dan biaya yang harus dikeluarkan:

Prosedur Klaim Asuransi

Ketika mengklaim mobil untuk diasuransi karena kecalakaan, langkah pertama yang umumnya dilakukan adalah mengambil foto bagian mobil yang rusak. Ini merupakan salah satu hal yang penting, terutama pada saat mobil rusak berat hingga tidak bisa lagi maju. Adanya bukti tersebut dapat dijadikan bukti klaim asuransi.

Setelah proses pembuktian melalui foto tersebut, nasabah harus memenuhi prosedur lain, meliputi:

  1. Menghubungi perusahaan ansuransi dan mempersiapkan dokumen-dokumen penting. Seperti surat polis asuransi, KTP, SIM, dan surat keterangan dari kepolisian yang menerangkan kondisi kendaraan rusak berat karena kecelakaan atau karena kriminal.
  2. Setelah segala persyaratan tersebut terpenuhi sesuai ketentuan dari pihak auransi, nasabah tinggal membawa mobil tersebut ke bengkel mitra pihak asuransi. Nasabah hendaknya tidak membawa mobil tersebut ke bengkel selain mitra pihak asuransi, karena bisa jadi klaim akan ditolak.
  3. Prosedur terakhir yang harus Anda lakukan adalah mengisi formulir dengan sejelas-jelasnyaa. Data yang harus diisi tersebut biasanya mengenai kecelakaan yang menyebabkan klaim asuransi tersebut. Dijelaskan secara detail, baik jam maupun tempatnya. Mengisi data ini hendaknya dilakukan dengan jujur, karena apabila pihak bengkel atau asuransi menemukan sesuatu yang bertentangan dengan kebearan di lapangan, kemungkinan besar klaim akan ditolak. Bahkan mungkin nasabah mengajukan klaim lagi akan dipikirkan ulang oleh pihak asuransi.
  4. Langkaah selanjutnya setelah klaim asuransi disetujui adalah nasabah tinggal menanyakan berapa lama pengerjaan perbaikan mobil tersebut. Jangka waktu pengeerjaan akan sangat dipengaruhi oleh tiingkat kerusahakan mobi. Apabila kerusakan kecil, kemungkinan akan memakan waktu 1-2 hari saja. Naun jika rusak berat bisa jadi memakan waktu hingga sebulan bahakan lebih.

Biaya Asuransi Mobil

Ketika prosedur telah terpenuhi, klaim asuransi mobil akan mudah dilakukan. Saat melakukan klaim tersebut, nasabah akan dikenakan biaya resiko sendiri (own riks atau OR) seseuai kebijakan pihak asuransi dan OJK yakni sebesar Rp. 300.000,- untuk tiap kejadian.

OJK adalah Otoritas Jasa Keuangan yang juga mengatur premi asuransi sehingga tidak ada lagi perang tarif yang dapat membuat nasabah terkecoh. Aturan OJK tersebut diatur dalam Surat Edaran OJK No. SE-06/D.05/2013 mengenai Tarif Premi.  Besaran premi tersebut ditentukan sesuai wilayah kendaraan beroperasi. Adapaun wilayah tersebut terbagi atas tiga wilayah. Wilayah I: Sumatera adan pulau sekitarnya, wilayah II:  Jakarta, Jawa Barat dan Banten, sedangkan wilayah III meliputi semua wilayah selain wilayah I dan II.

Selain wilayah pertimbangan lain untuk menentukan premi asuransi adalah harga kendaraan. Makin mahal harga kendaraan semakin kecil juga preminya. Dengan harga mobil yang tinggi menunjukkan kemampuan penghasilan nasabah, dengan demikian adanya asuransi bisa diminimalisir bagii orang-orang yang lebih membutuhkan. Sesuai dengan keterangan diatas bahwa pihak asuransi juga wajib menambahkan premi tambahan sebagai biaya resiko, minimal Rp. 300.000,- tiap kejadian.

Demikianlah ulasan mengenai asuransi mobil semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Carilah info sebesar-besarnya sebelum Anda melekukan asuransi agar Anda tidak terkena tipu. Termasuk premi yang harus Anda dapatkan dari OJK. Terimakasih.

Mitra Asuransi
Mitra Asuransi
Kami hadir untuk memberikan informasi terbaru dan terupdate kepada Anda mengenai asuransi. Banyak detail yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli produk asuransi.

1 Comment

  1. […] Anda telah melihat jenis asuransi dan cara penghitungan premi. Namun, sebaiknya pilih asuransi mobil yang […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: