Perencanan keuangan: Menabung di bank untuk masa depan

Cara-membedakan-kebutuhan-dan-keinginan
Perencana Keuangan: Cara membedakan kebutuhan dan keinginan
2018
Tips-mengumpulan-dana-darurat-secara-rutin
Tips mengumpulkan dana darurat secara rutin
2018
Show all

Perencanan keuangan: Menabung di bank untuk masa depan

Menabung-di-bank-untuk-masa-depan

Perencanan keuangan: Menabung di bank untuk masa depan. Apakah anda masih ingat dulu waktu masih kecil kita pernah menabung di celengan? Mungkin bentuknya ayam, atau kodok, atau benda lain seperti kaleng yang kita hias sendiri. Intinya, kita punya tempat menabung khusus.

Ketika beranjak dewasa, orang tua kita mungkin mengajar kita untuk menabung di bank. Sebenarnya orang tua kita sedang mengajarkan satu kebiasaan positif sejak kecil, dan seharusnya, hampir semua orang zaman sekarang sudah terbiasa dengan kebiasaan menabung.

Tapi kenapa pada kenyataannya, di zaman ini masih banyak orang yang susah menabung? Di zaman sekarang ketika kita dapat uang, kita langsung pakai uang itu untuk berbagai macam keinginan dan kebutuhan. Baru jika masih ada sisa, kita baru nabung.

Seharusnya, ketika kita dapat uang, kita langsung sisihkan sebagian uang itu untuk menabung. Baru pakai sisanya untuk kebutuhan, keinginan, dan juga cicilan. Itu yang dinamakan pay yourself first atau bayar diri sendiri terlebih dahulu.

Terapkan prinsip ini juga dalam manajemen keuangan pribadi kita. Gaji masuk, langsung bayar diri kita terlebih dahulu. Sisanya baru digunakan untuk memenuhi kebutuhan, dan cicilan yang ada.

Kita baru bisa menabung hanya jika ada kontrol ketat pada pengeluaran bulanan. Jadi kita harus belajar membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Dan kita juga harus belajar teknik belanja pintar atau smart shopping supaya kita bisa menabung lebih banyak lagi.

Bisa dan terbiasa menabung adalah awal dari kekuatan kita dalam melakukan perencanaan keuangan. Kebiasaan menabung harus dibangun, dan kita harus pertahankan sampai tua. (Perencanan keuangan: Menabung di bank untuk masa depan)

Sumber: Prof. Candra Chahyadi, MBA, PH.D, CFA, CAIA

 

Baca juga: Tips menabung dengan merubah mindset

 


Mitra Asuransi
Mitra Asuransi
Kami hadir untuk memberikan informasi terbaru dan terupdate kepada Anda mengenai asuransi. Banyak detail yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli produk asuransi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: