Penyebab asam urat dan cara mengatasinya

Cara-menurunkan-berat-badan-secara-alami
Cara menurunkan berat badan secara alami
2018
Apakah-Semua-Makanan-Manis-Tidak-Sehat
Apakah Semua Makanan Manis Tidak Sehat?
2018
Show all

Penyebab asam urat dan cara mengatasinya

Penyebab-asam-urat-dan-cara-mengatasinya

Penyebab asam urat dan cara mengatasinya. Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan kata asam urat. Mungkin teman-teman anda, paman anda atau mungkin ayah atau ibu anda mengalami penyakit ini.

Namun banyak juga orang yang tidak pernah mendengar kata asam urat atau mereka sudah pernah dengar tetapi tidak mengerti apa itu asam urat.

Asam urat adalah senyawa nitrogen yang dihasilkan dari metabolisme di dalam tubuh kita. Baik itu metabolisme protein atau metabolisme DNA di dalam tubuh kita.

Supaya ebih mudah memahami, saya akan berikan contoh seperti ini.

Kita semua setiap hari mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak dan sebagainya. Semua itu merupakan nutrisi bagi tubuh kita. Makanan yang kita konsumsi sebagian besar akan diserap oleh tubuh kita dan sebagian lagi akan menjadi limbah. Limbah ini akan dikeluarkan oleh tubuh kita melalui usus dan ginjal.

Jadi jika proses pengeluaran limbah ini tidak berjalan dengan lancar. Atau mungkin limbah yang masuk terlalu banyak, maka asam urat ini akan mengendap pada jaringan atau pada sendi. Hal ini kita kenal dengan sebutan Gout Arthritis jika mengendap pada sendi.

Penyebab asam urat bisa bermacam-macam, tetapi agar lebih mudah dipahami, saya sederhanakan menjadi 3 penyebab asam urat:

 

Produksi asam urat yang berlebihan

Bagi mereka yang menderita kanker akan terjadi Turn Over Purin yang berlebihan di dalam tubuh mereka. Turn Over Purin ini berasal dari metabolisme DNA. Sehingga terbentuklah purin yang begitu banyak dan menyebabkan asam urat.

 

Ekskresi yang menurun.

Apa itu ekskresi, Eksresi merupakan pengeluaran zat sisa yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh kita. Jika fungsi ekskresi di dalam tubuh kita menurun, maka limbah-limbah tersebut tidak dapat dikeluarkan. Limbah-limbah ini termasuk zat-zat yang tidak dibutuhkan lagi di dalam tubuh kita.

Contohnya pada pasien yang mengalami gagal ginjal, ginjalnya sudah tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga limbah yang ada didalam tubuh tidak bisa dibuang, termasuk asam urat.

 

Apa yang kita konsumsi.

Konsumsi purin yang berlebihan. Contohnya adalah jeroan, daging merah, kemudian seafood seperti kepiting atau udang. Ini penyebab dari kita mengkonsumsi intake purin yang berlebihan dari makanan.

Kemudian konsumsi alkohol juga dapat meningkatkan asam urat. Bisa juga konsumsi obat-obatan misalnya diuretic yang biasa digunakan oleh penderita darah tinggi. Kemudian ada lagi obat pengencer darah misalnya aspirin. Obat ini juga dapat meningkatkan asam urat di dalam tubuh anda.

 

Dan selain 3 hal diatas, asam urat dapat dipicu oleh stress yang berlebihan. Oleh sebab itu, anda butuh keseimbangan hidup. Mungkin anda sudah menghindari makanan-makanan yang memicu asam urat atau intake tinggi purin.

Tetapi kalau anda tidak mengontrol tingkat stress anda (anda stress berlebihan), maka hal ini juga dapat mengganggu mekanisme di dalam tubuh anda sehingga proses pembuangan limbah pada tubuh anda akan terganggu.

Dan akhirnya asam urat yang harusnya dibuang, menjadi tidak dapat dikeluarkan dari tubuh dan mengendap pada jaringan. Contohnya pada ginjal. Apabila ada asam urat yang mengkristal dan mengendap pada jaringan ginjal anda, maka akan membentuk batu ginjal.

 

Cara mengatasi asam urat

  1. Makan makanan sehat.

Anda bisa mengkonsumsi makanan yang tinggi serat. Terutama pada sayuran hijau yang memiliki daun dan buah-buahan. Anda juga bisa mengkonsumsi rumput laut dan bawang merah. Ini sangat baik untuk penderita asam urat.

Kemudian strawberry, blue berry dan black berry juga anggur, buah-buahan ini mengandung aktioksidan yang tinggi, yang dapat mengurangi asam urat. Dan beberapa buah seperti pepaya, nanas dan cherry juga memiliki anti peradangan alami dan antioksidan, tentunya juga dapat membantu meringankan gejala asam urat anda.

  1. Cukup minum air putih (mineral).

Air putih yang saya maksud bukan susu, tetapi air mineral. Mengukur kebutuhan air setiap orang sangat mudah. Jika anda mempunyai berat badan sekitar 60 kg, anda cukup kalikan dengan 40 cc sampai 50 cc per kilogram berat badan anda.

Air putih sangat berperan penting dalam proses pengeluaran limbah. Termasuk salah satunya adalah asam urat. Jika anda sudah mengkonsumsi obat dan makanan tetapi air di dalam tubuh tidak cukup, maka otomatis sirkulasi pembuangan racun akan terhambat. Ginjal anda bekerja lebih berat karena kekurangan cairan.

  1. Hindari makanan yang tinggi purin.

Anda harus mengurangi makanan yang tinggi purin. Makanan apa saja yang tinggi purin? Makanan-makanan yang tinggi purin adalah jeroan. Seperti jantung, hati, babat, dan usus. Kemudian makanan-makanan yang berbahan baku terutama daging merah. Kemudian juga makanan dari seafood seperti udang, cumi-cumi, dan kepiting harus anda kurangi.

Anda bisa mengkonsumsi buah cherry dan strawberry lebih banyak. Ini sangat membantu dalam proses penyembuhan asam urat anda.

  1. Mengkonsumsi suplemen

Vitamin C

Suplemen yang pertama adalah vitamin C. Vitamin C ini pernah diteliti pada tahun 2008 oleh Harvard School of Public Health dan ditemukan bahwa adanya hubungan peningkatan konsumsi vitamin C dengan penurunan asam urat di dalam darah.

Jadi, ternyata vitamin C dapat membantu menurunkan asam urat di dalam tubuh anda. Tetapi setiap orang dosis vitamin C’nya berbeda-beda. Tentu saja anda harus berkonsultasi dengan dokter anda.

Vitamin B9

Kemudian, yang kedua adalah vitamin B9 atau disebut folic acid. Dosis setiap orang juga berbeda, jadi konsultasikan terlebih dahulu.

Glucosamine, MSM dan chondroitin

Lalu suplemen yang ketiga adalah glucosamine, MSM dan chondroitin. Biasanya diresepkan dalam 1 kapsul atau di dalam 1 tablet sudah terkandung ketiganya. Suplemen ini dapat mengurangi peradangan pada sendi.

Bromelain

Kemudian yang keempat adalah bromelain. Ini adalah enzim yang terdapat pada buah nanas. Jadi anda bisa mengkonsumsinya juga.

 

  1. Olahraga.

Olahraga yang saya anjurkan disini adalah olahraga yang ringan. Jadi pada saat anda terserang asam urat, sebaiknya anda beristirahat dahulu. Setelah anda recovery/setelah anda pulih, anda boleh melakukan olahraga yang ringan.

Jangan langsung angkat beban. Jangan langsung olahraga yang berat. Anda mungkin bisa melakukan olahraga yang ringan seperti jalan kaki, bersepeda atau berenang. Olahraga ini sangat baik untuk menambah fleksibilitas tubuh anda, dan sangat baik untuk sendi-sendi anda.

  1. Hindari Rokok dan Alkohol

Percuma anda minum obat, percuma anda makan makanan antioksidan kalau anda tetap merokok dan minum alkohol

  1. Konsultasikan dengan dokter obat-obatan yang anda minum

Ada obat-obatan yang dapat memicu tingginya kadar asam urat di dalam tubuh anda. Contohnya seperti aspirin, yaitu pengencer darah. Kemudian juga imunosupresan, dan diuretics yang merupakan obat yang biasa dikonsumsi oleh penderita hipertensi atau darah tinggi.

Kemudian obat-obat parkinson dan beberapa jenis obat antibiotik. Untuk itu, saya sarankan kepada anda untuk jangan sembarangan membeli obat di apotek. Sebaiknya anda konsultasikan dahulu kepada dokter. Jika anda sembarangan membeli obat, maka akhirnya anda terkena efek sampingnya, yaitu asam urat anda akan meningkat.

Sekali lagi, anda tetap harus berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan obat-obatan yang sesuai.

Sumber: Dr. Sungadi Santoso

Baca juga: Cara menurunkan berat badan secara alami

 

 


Mitra Asuransi
Mitra Asuransi
Kami hadir untuk memberikan informasi terbaru dan terupdate kepada Anda mengenai asuransi. Banyak detail yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli produk asuransi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: