Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Asuransi Mobil

Mengenal-Lebih-Jauh-tentang-Asuransi-Sinar-Mas
Mengenal Lebih Jauh tentang Asuransi Sinar Mas
November 13, 2017
Tips-Memilih-Asuransi-Mobil-Terbaik
Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik
November 15, 2017
Show all

Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Asuransi Mobil

Hal-yang-Harus-Anda-Ketahui-Sebelum-Membeli-Asuransi Mobil

Asuransi Mobil – Mempunyai kendaraan pribadi seperti mobil tentu menyenangkan. Anda tidak perlu lagi berpanas-panas atau kehujanan. Selain itu Anda bisa berkendara ditemani musik favorit, atau mungkin sambil menyalakan televisi.

Namun di balik itu semua tentu saja ada berbagai pertimbangan dalam memiliki mobil. Anda perlu merawat mobil tersebut secara intens, sekaligus melindungi mobil tersebut dari kerusakan dan kehilangan.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kerugian akibat kecelakaan atau kehilangan adalah dengan mengasuransikan mobil Anda.

Asuransi mobil dapat melindungi Anda dari kerugian atau kerusakan yang menimpa mobil Anda, termasuk juga apabila mobil Anda kecurian atau kehilangan.

Namun sebelum mengasuransikan mobil, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Anda perlu mengetahui dulu jenis-jenis asuransi mobil yang ada, dan tips-tips memilih asuransi mobil yang paling cocok untuk Anda.

 

Jenis-jenis Asuransi Mobil

Yang pertama, apa saja jenis asuransi mobil yang ada?

Asuransi Mobil Gabungan (comprehensive)

Asuransi mobil yang pertama adalah asuransi mobil gabungan. Asuransi ini memberi jaminan atas kerugian yang timbul, entah itu karena kerusakan ringan (lecet, penyok ringan) hingga berat (tertimpa, tertabrak parah). Asuransi jenis ini juga melindungi dari kehilangan, namun persyaratannya harus sesuai dengan yang disebutkan di dalam perjanjian polis. Nama lain dari asuransi ini adalah All Risk.

Meskipun asuransi jenis ini terbilang lengkap, namun Anda masih bisa memperluas pertanggungan. Katakanlah Anda tinggal di daerah rawan banjir atau rawan kerusuhan, Anda bisa memperluas pertanggungan asuransi, agar bisa mengcover kerusakan yang diakibatkan oleh banjir atau kerusuhan.
Total Lost Only (TLO)

Asuransi mobil berikutnya adalah Total Lost Only. Asuransi jenis ini hanya melindungi kehilangan atau kerusakan parah. Kerusakan parah di sini adalah yang mencapai 75% dari seluruh bagian mobil. Resiko dan akibatnya harus sesuai dengan persyaratan yang sudah disebutkan di dalam polis.

Namun, asuransi ini tidak memberi jaminan apabila kerusakan yang terjadi hanya berupa lecet atau sedikit penyok.

Asuransi jenis ini preminya lebih rendah dibandingkan All Risk.

Sekarang Anda telah mengetahui jenis asuransi mobil yang tersedia di pasaran. Mungkin Anda semakin tertarik untuk memberi proteksi pada kendaraan Anda. Lalu, apa saja produk asuransi mobil yang tersedia?

Berikut ini kami sajikan perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi mobil.

 

Daftar Asuransi Mobil Terbaik

 

Asuransi Mobil Sinarmas / Simasnet

Asuransi Mobil Simasnet adalah anak perusahaan dari PT.Sinarmas Multi Artha Tbk. Perusahaan ini sudah mendapatkan izin usaha dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) pada 21 Oktober 2014, sehingga asuransinya legal.

 

Asuransi Mobil Adira Autocillin

Adira Autocillin adalah asuransi perlindungan mobil yang ditawarkan oleh Adira. Produk ini sendiri merupakan bagian dari Danamon Group, dan telah berdiri sejak 24 Januari 2002.

 

Asuransi Mobil MAG

Asuransi Multi Artha Guna atau dikenal juga dengan sebutan asuransi MAG telah berkiprah di Indonesia sejak 14 November 1980. Perusahaan ini awalnya hanya bergerak di bidang asuransi umum, namun kemudian mengeluarkan produk asuransi mobilsetelah bekerja sama dengan The RedShield Co. Ltd., Singapore pada rentan waktu 1982-1983.

 

Asuransi Mobil Malacca

PT Malacca Trust Wuwungan Insurance adalah perusahaan asuransi yang berdiri sejak 1952. Perusahaan ini dapat dibilang perusahaan asuransi tertua di Indonesia.

 

Asuransi Central Asia

PT Asuransi Central Asia (ACA) bergerak di bidang asuransi umum di Indonesia. Pada awalnya berdiri pada 29 Agustus 1956 dengan nama Maskapai Asuransi Oriental NV. Namun dua tahun kemudian namanya diganti menjadi PT Asuransi Central Asia.

 

 

Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil

Setiap asuransi mobil memiliki kebijakan premi yang bervariatif. Namun, secara umum, cara menghitung premi asuransi mobil baik TLO dan All Risk didasari rate asuransi x harga mobil.

Selain dari kedua hal tersebut, ada beberapa hal lain yang jadi pertimbangan dalam menghitung premi asuransi mobil. Apa saja?

1. Jenis jaminan asuransi mobil (all risk atau TLO)

Premi jaminan All Risk lebih tinggi dibanding TLO. Terlebih apabila All Risk ini ditambah perluasan pertanggungan.

2. Jenis kendaraan

Secara umum, semakin mahal sebuah kendaraan, semakin rendah rate yang diberikan. Apabila kendaraan yang diasuransikan ini berstatus kendaraan bekas atau punya sejarah rusak atau berumur, maka ratenya sedikit lebih tinggi.

3. Usia pengemudi

Dalam mengasuransikan kendaraan, usia pengendara juga menjadi perhitungan premi. Semakin tua usia pengendara, preminya makin tinggi.

4. Rekam jejak kredit

Apabila Anda memiliki rekam jejak kartu kredit yang baik, Anda bisa saja mendapatkan keringanan premi. Sebaliknya jika Anda punya rekam jejak sering terlambat membayar tagihan kartu kredit, maka ratenya lebih tinggi.

5. Riwayat mengemudi

Pihak asuransi juga terkadang melihat rekam jejak pengendara di kepolisian. Apabila diketahui bahwa pengendara pernah ditilang, kecelakaan, atau melanggar rambu lalu lintas, maka beban preminya makin tinggi.

6. Lokasi

Pihak asuransi seringkali menyimpan catatan lokasi-lokasi mana saja yang rawan kriminalitas, rawan banjir, dan rawan kerusuhan. Apabila Anda bekerja atau berdomisili di daerah yang rawan, maka beban preminya juga terpengaruh.

Selain itu di asuransi ada pembagian wilayah menjadi tiga. Wilayah 1 mencakup Sumatera, Wilayah 2 adalah Jawa dan Bali, sementara Wilayah 3 adalah daerah selain 1 dan 2.

7. Rata-rata jarak tempuh

Agen asuransi juga akan melihat jarak tempuh mobil Anda. Semakin tinggi jarak tempuh, semakin tinggi ratenya. Namun faktor satu ini tak berlaku untuk kendaraan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: