Mitos tentang Durian: Makan durian dan soda bisa menyebabkan kematian?

Apakah-Semua-Makanan-Manis-Tidak-Sehat
Apakah Semua Makanan Manis Tidak Sehat?
2018
Akibat-Kekurangan-Vitamin-C
Akibat Kekurangan Vitamin C
2018
Show all

Mitos tentang Durian: Makan durian dan soda bisa menyebabkan kematian?

Mitos-tentang-Durian-Makan-durian-dan-soda-bisa-menyebabkan-kematian

Mitos tentang Durian: Makan durian dan soda bisa menyebabkan kematian? Sobat sehat, durian dijuluki sebagai King of Fruit, yang artinya adalah ‘rajanya buah’. Dan hal ini sampai sekarang mengundang banyak kontroversi. Mengapa?

Karena bagi mereka para pecinta durian, durian ini adalah makanan favorit. Seperti saya. Tetapi bagi mereka yang tidak suka dengan durian, mencium baunya saja membuat kepala pusing, mual, sampai muntah.

Ada yang pernah mengalaminya?

Selain masalah itu tadi, ada yang suka dan ada yang tidak suka. Durian juga digadang-gadang sebagai penyebab kolesterol tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat menyebabkan diabetes.

Dan jika dikonsumsi dengan minuman bersoda, maka dapat menyebabkan kematian. Apakah hal itu benar?

Mari kita bahas satu persatu mitos tentang durian.

 

Makan durian dapat menaikkan berat badan.

Saya ingin hal ini benar, bukan mitos. Tetapi kembali lagi, hal ini tergantung dari berapa banyak durian yang anda makan. Karena 100 gram durian mengandung 147 kalori. Jadi apabila anda makan 1 kg, maka kalori anda sudah 1470. Kurang lebih sekitar 1500 kalori.

Dan bagi orang Indonesia, rata-rata kebutuhan kalorinya adalah 2000 sampai 2500. Terutama bagi and ayang aktivitas fisiknya minim, mungkin kebutuhan kalori and hanya sekitar 2000. Atau mungkin di bawah 2000.

Tetapi jika anda sudah mengkonsumsi durian sebanyak 1 kg, maka jatah kalori anda dalam satu hari sudah mencapai 75% diambil oleh durian tadi. Bagaimana dengan makanan yang lainnya?

Jadi bagi anda yang sedang dalam program diet, kurangilah jatah makan durian anda.

 

Durian mengandung kolesterol.

Jika dilihat dari komposisi atau isinya, durian ini mengandung gula dan karbohidrat. Tetapi tidak mengandung kolesterol.

Untuk lebih mudahnya, anda tinggal search di Google. Carilah ‘kandungan dari durian’. Atau carilah ‘kalori durian’. Nanti disana akan keluar data seperti Nutrition Facts. Jadi, kolesterolnya adalah 0 mg.

 

Durian menyebabkan diabetes.

Kalau hal ini, tergantung dari berapa banyak jumlah durian yang anda makan. Bisa menjadi diabetes jika anda konsumsi durian dalam jumlah berlebihan dan anda memakannya setiap hari.

Jika anda mengkonsumsi durian sekitar 1 sampai 2 bulan dan seterusnya setiap hari anda makan dalam jumlah besar, maka kemungkinan besar anda akan mengalami diabetes mellitus atau kencing manis.

“Dan jika sekarang saya sudah terkena kencing manis, diabetes tipe 2, apakah saya masih boleh makan durian?”. Jawabannya, YA boleh. Tetapi dengan syarat, anda penuhi dulu serat anda.

Jadi sebelum anda makan durian, sebaiknya anda makan sayuran hijau dulu yang kaya akan serat. Barulah anda boleh makan durian.

“Berapa banyak dok seratnya?”. Kurang lebih sekitar 200 gram.

Apa tujuan serat tersebut? Untuk mencegah penyerapan gula yang terlalu tinggi. Jadi, serat ini menyebabkan gula yang anda makan pada durian diserap pelan-pelan oleh usus anda. Jadi, tidak langsung melonjak naik.

 

Makan durian ditambah dengan soda dapat menyebabkan kematian?

Jawabannya adalah MITOS. Memang benar bahwa makan durian dapat menyebabkan gas dan soda pun dapat menyebabkan gas. Jika dikombinasikan, gas yang dihasilkan akan lebih besar di dalam lambung anda atau di dalam perut anda.

Yang terjadi adalah anda akan mengalami begah, tidak enak pada perut. Tetapi, tidak sampai menyebabkan kematian. Jadi isu dapat menyebabkan kematian itu adalah mitos.

Mungkin bagi anda yang sensitif, yang punya masalah dengan lambung gastritis atau dispepsia dan sebagainya, mungkin anda bisa begah. Kemudian mual, bahkan sampai muntah jika banyak mengkonsumsi durian ditambah soda.

 

Nasihat

Jadi untuk anda yang sekarang menderita diabetes atau kencing manis, kurangi jumlah durian yang anda makan. Makanlah dengan bijak. Bukan karena anda suka, lalu anda makan dan anda lupa untuk berhenti.

 

Baca juga: 4 Cara menghilangkan jerawat dengan alami

Sumber: Dr. Sungadi Santoso

 


Mitra Asuransi
Mitra Asuransi
Kami hadir untuk memberikan informasi terbaru dan terupdate kepada Anda mengenai asuransi. Banyak detail yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli produk asuransi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: