Belajar Main Saham dengan Modal Kecil untuk Pemula

Apa-itu-Investasi-dana-pensiun-dan-cara-menghitungnya
Apa itu Investasi dana pensiun dan cara menghitungnya.
2018
Melek-Sistem-Keuangan-dengan-Perubahan-Pola-Pikir
Melek Sistem Keuangan dengan Perubahan Pola Pikir
2018
Show all

Belajar Main Saham dengan Modal Kecil untuk Pemula

Belajar-Main-Saham-dengan-Modal-Kecil-untuk-Pemula

Belajar Main Saham dengan Modal Kecil untuk Pemula. Setelah nonton video tentang saham atau mingkin kita ikut seminar tentang saham, mungkin kita jadi berminat untuk berinvestasi saham. Keuntungan yang menggiurkan, investasi bisa meningkat berkali-kali lipat. Menggiurkan bukan?

Untuk orang yang awan didunia saham, sebetulnya bagaimana sih kita bisa mendapat keuntungan berinvestasi di saham dengan modal kecil?

Begini contohnya , misalkan sebuah perusahaan BUMN, PT. Waskita Karya, melakukan penawaran saham perdana atau Initial Public Offering atau IPO tanggal 19 Desember 2012 dengan kode WSKT . Range harga antara Rp.320,- sampai Rp.405,- per lembar saham.

Anda bisa ulai berinvestasi saham hanya dengan 1 juta rupiah. dengan uang tersebut anda bisa membeli sekitar 2400 lembar saham.

Belajar Main Saham

Untuk belajar main saham, kita simulasikan seperti ini:

Performa WSKT cukup baik pasca IPO. Di awal minggu kedua Februari 2013 harga WSKT ada di angka Rp.470,- Waktu itu misalnya kita beli di Desember 2012 dengan harga 400  Hanya dalam 3 bulan saja, saham WSKT sudah untung 17,5 persen .

Selang 2 bulan kemudian di bulan Mei, WSKT terbang lumayan tinggi ke Rp.1.030,- Dalam 5 bulan, profit kita sebesar 157,5 persen

Tapi tidak semua hal indah terjadi dalam investasi saham, karena tidak ada saham yang terus menerus naik atau terus menerus turun. Ada naik, ada turun

Misal setelah bulan Mei WSKT trend-nya mulai turun, nilainya jadi Rp.475,- di bulan Agustus . Profit yang kita tadi miliki, yang lebih dari 100 persen pun, menjadi menguap . Hanya tersisa 18,75 persen

Dalam kasus ini, tetap saja keuntungan 18,75 persen jauh lebih tinggi dari bunga deposito bahkan dari bunga tabungan

Jadi ingat, ada risiko, ada hasil. Semakin tinggi risiko yang kita berani ambil, semakin tinggi keuntungan yang bisa kita raih. Dan ingat, kematangan mental kita, misalnya sabar, tidak mudah panik sering menjadi kunci sukses dalam berinvestasi apapun Termasuk di dalam berinvestasi saham (MAS – Belajar Main Saham dengan Modal Kecil untuk Pemula)

 
Sumber: Prof. Candra Chahyadi, MBA, PH.D, CFA, CAIA


Mitra Asuransi
Mitra Asuransi
Kami hadir untuk memberikan informasi terbaru dan terupdate kepada Anda mengenai asuransi. Banyak detail yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli produk asuransi.

2 Comments

  1. […] Untuk menghitung biaya peluang bisa kita ambil contoh seperti ini, si A dan si B adalah dua orang eksekutif muda, mereka sama-sama dapat bonus 400 juta rupiah. A memilih untuk tampil lebih gaya dan dia membeli mobil mewah sedangkan B memakai uangnya untuk investasi saham […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: