Asuransi-Prudential-Jenis-jenis-dan-Manfaat-yang-Didapat
Asuransi Prudential: Jenis-jenis dan Manfaat yang Didapat
November 17, 2017
Show all

Apakah Perlu Membeli Asuransi Kesehatan?

Apakah-Perlu-Membeli-Asuransi-Kesehatan

Memiliki asuransi kesehatan seringkali diabaikan orang. Kebanyakan beranggapan bahwa asuransi hanya membuang pengeluaran perbulannya, padahal jarang mengalami sakit.

Satu hal yang jarang diketahui orang adalah asuransi kesehatan juga membawa manfaat. Asuransi kesehatan memberikan proteksi keuangan saat mengalami sakit, bahkan uang yang telah dititipkan di asuransi akan jadi berlipat. Meski tidak sakit sekalipun, sebenarnya uang bisa diambil kembali, tergantung asuransi yang dipilih.

Namun, sebenarnya apa itu asuransi kesehatan?

Artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai asuransi kesehatan, dan tips dalam memilih asuransi kesehatan yang baik, serta tips-tipsnya.

 

Definisi Asuransi Kesehatan

Apakah sebenarnya Asuransi Kesehatan?

Asuransi Kesehatan adalah jenis asuransi yang diperuntukkan untuk menjamin kesehatan sang tertanggung, apabila orang tersebut jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.

Ada banyak pilihan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Produk asuransi kesehatan sendiri kini makin variatif, dengan berbagai keuntungan yang dapat Anda raih bahkan meskipun Anda tidak pernah sakit.

Asuransi kesehatan memberikan Anda beragam pilihan dari perlindungan biaya rawat inap hingga rawat jalan, baik sebelum dan sesudah rawat inap di rumah sakit.

Namun ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi dalam mendapatkan asuransi kesehatan.

Yang pertama adalah nasabah atau pemegang polis harus wajib membayar premi secara rutin dan tepat waktu. Besaran premi sendiri sebenarnya bervariasi, yang nilai proteksi disesuaikan dengan kondisi kesehatan pihak tertanggung, resiko yang akan ditanggung rumah sakit, manfaat yang dinikmati nasabah, dan berbagai macam persyaratan lainnya dari pihak asuransi.

Asuransi kesehatan swasta biasanya memang lebih mahal, namun proses klaim biasanya lebih cepat, lebih mudah, dengan jaringan rumah sakit yang lebih luas. Ini tentu berbeda dengan BPJS, yang proses klaimnya sedikit ribet dengan jaringan rumah sakit yang terkadang menolak BPJS, meskipun awalnya diketahui bekerjasama dengan BPJS.
 

Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan

Sebenarnya asuransi kesehatan adalah bisnis kemungkinan. Kemungkinan sehat terus, kemungkinan jatuh sakit. Nah, yang menjadi masalah apabila Anda terkena kemungkinan jatuh sakit. Jika sudah terlanjur sakit, maka asuransi kesehatan baru terasa perlu.

Namun yang jadi masalah adalah kadang-kadang orang menganggap asuransi kesehatan hanya buang-buang pengeluaran bulanan. Padahal, ada juga manfaat lain memiliki asuransi kesehatan. Apa saja?

Asuransi kesehatan menanggung biaya perawatan Anda

Dengan adanya Asuransi Kesehatan, pihak yang menanggung semua pengobatan Anda adalah asuransi. Yang perlu Anda pikirkan cukup mau menginap di mana dan memilih metode pengobatan. Dengan demikian Anda jadi lebih tenang, tidak sibuk mencari uang pinjaman ke sana-sini ketika jatuh sakit.

 

Asuransi kesehatan melindungi dari biaya kesehatan yang terus meningkat

Biaya perawatan mengalami peningkatan sekitar 10-15%  tiap tahun. Kenaikan biaya kesehatan ini seringkali tak imbang dengan peningkatan pendapatan atau kenaikan gaji, sehingga bila tidak punya asuransi kesehatan, Anda akan beresiko kehilangan aset atau merogoh kocek sangat dalam.

 

Semakin muda, premi asuransi kesehatan semakin murah

Semakin muda pihak yang tertanggung, maka premi yang dibayarkan semakin murah. Ini jadi kesempatan bagi Anda yang berusia muda untuk mulai berasuransi. Ini lebih baik dibandingkan berasuransi saat telah berusia lanjut, atau sudah memiliki penyakit kambuhan. Biasanya asuransi tidak menerima nasabah seperti ini.

 

Klaim yang makin mudah

Klaim asuransi kesehatan yang dulu ribet dan dipersulit kini lebih mudah, sebab sebagian perusahaan asuransi kesehatan memberikan Anda kartu khusus. Ini akan mempemudah Anda apabila ingin melakukan klaim.

 

Meski sepintas terlihat menggiurkan, namun Anda tetap perlu cermat dalam memilih Asuransi Kesehatan. Berikut ini kami berbagi sebagian hal yang perlu diperhatikan, saat memilih Asuransi Kesehatan.

 

Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Berikut ini beberapa hal yang perlu disimak seputar memilih asuransi kesehatan apa yang paling bagus untuk Anda.

 

Pilih Asuransi Kesehatan yang sudah Cashless

Sangat disarankan memilih asuransi kesehatan yang sudah cashless. Dengan menggunakan fitur cashless, proses melakukan klaim akan jadi jauh lebih mudah.

Kalau Anda atau pihak tertanggung masuk rumah sakit, Anda cukup menyelesaikan tagihan dengan memperlihatkan kartu asuransi. Ini tentu berbeda dengan asuransi tradisional, yang mengharuskan Anda bayar dulu baru klaim ke asuransi.

Namun perlu diingat metode cashless ini hanya bisa dilakukan dengan rumah sakit yang bekerjasama dengan asuransi Anda. Jadi, saat memilih cashless, tanyakan pada mitra asuransi Anda mengenai rumah sakit mana saja yang menyediakan metode ini.

 

Pilih Asuransi Kesehatan dengan Jaringan Rumah Sakit Luas

Memilih asuransi kesehatan dengan networking rumah sakit yang luas adalah hal penting. Ini karena terkadang ada juga asuransi kesehatan yang tidak diterima di rumah sakit tertentu. Belum lagi apabila Anda ingin menggunakan metode cashless, yang tidak diterima di semua rumah sakit.

Karena itu, sekali lagi, pilihlah asuransi kesehatan yang jaringan rumah sakitnya luas.

 

Plafond and Premi Asuransi Kesehatan yang Sesuai Budget Anda

Plafond adalah besaran klaim yang bisa Anda lakukan, sementara premi adalah bayaran per bulan ke asuransi.

Secara ideal, plafond asuransi harus sesuai keperluan Anda. Pihak asuransi biasanya memberikan Anda beberapa pilihan skema, mulai dari yang paling murah hingga yang tertinggi.

Namun skema ini berbanding lurus dengan besaran klaim. Apabila Anda memilih yang skemanya besar, tentu plafond yang bisa Anda ambil besar pula, namun premi per bulannya juga tinggi. Hal yang sama berlaku apabila skemanya rendah. Semakin rendah premi yang Ada bayarkan, tentu klaim yang bisa Anda lakukan rendah pula.

Namun tingginya plafond akan berbanding lurus dengan besaran premi. Semakin mahal harga kamar, premi bulanan juga makin mahal. Maka sebaiknya sesuaikan premi dengan budget Anda.

 

Jika Tidak Tertarik Investasi, Pilih Saja Asuransi Kesehatan Murni

Terkadang pihak telemarketer akan menawarkan Anda sebuah unit-link asuransi. Maksudnya begini: dalam satu paket asuransi, Anda mendapatkan asuransi jiwa, investasi, dan asuransi kesehatan.

Sepintas terlihat menarik, namun Anda perlu sesuaikan dengan kebutuhan Anda saja.

Jika Anda sudah punya asuransi jiwa dari tempat Anda bekerja, rasanya Anda tidak perlu lagi mendapatkan paket asuransi jiwa lain. Anda juga mungkin tak tertarik berinvestasi.

Maka pilihlah asuransi kesehatan murni. Asuransi unit-link harganya mahal, belum lagi ada pembagian premi, sehingga premi untuk kesehatan jadi tidak dapat porsi yang Anda inginkan.

Kalau Anda menggunakan asuransi kesehatan murni, maka premi yang Anda bayarkan hanya untuk kesehatan saja, tidak dipotong yang lain-lain lagi.

Namun apabila Anda memang tertarik investasi dan juga belum punya asuransi jiwa, maka boleh juga menggunakan unit-link. Sekali lagi, sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

Prioritaskan Rawat Inap

Asuransi kesehatan mencakup juga rawat jalan dan inap. Bila harus memilih, fokuskan pada asuransi untuk rawat inap. Ini karena perawatan satu ini kena biaya paling besar. Apabila ini sudah tercover, bolehlah mengambil tambahan rawat jalan.

 

Tanpa Limit per Perawatan

Secara umum, asuransi menerapkan dua jenis limit. Yang pertama adalah gabungan semua perawatan, sementara yang kedua adalah limit per perawatan.

Misalnya begini. Limit pertama membatasi kombinasi semua biaya perawatan jadi Rp 250 juta setahun. Sementara, limit kedua membatasi biaya perawatan menjadi bedah Rp 10 juta setahun, biaya konsultasi Rp 10 juta setahun dan seterusnya.

Produk asuransi ada yang menggunakan limit jenis pertama, adapula limit jenis kedua. Nah, sebaiknya Anda pilih asuransi kesehatan dengan limit gabungan. Jadi Anda lebih fleksibel dalam berobat, yang penting limit Anda masih ada. Kalau pilih yang kedua, apabila konsultasi Anda ternyata melebihi limit misalnya, maka Anda harus menanggung sendiri.

 

Perhatikan Pembayaran Auto Debit Kartu Kredit

Bila Anda memiliki kartu kredit, kemungkinan Anda akan ditawarkan autodebit. Artinya tagihan premi bulanan otomatis dibebankan ke kartu kredit Anda, sehingga Anda tak perlu repot-repot membayar premi lagi.

Terlihat mudah, namun kalau lupa pengeluaran jadi tidak terpantau. Makanya bila asuransi Anda menawarkan auto debit, Anda perlu tahu kapan pembayarannya dilakukan dan bagaimana caranya menghentikan pembayaran auto debit.

 

Hindari Mengambil Asuransi Kesehatan via Telpon

Apabila Anda sudah memiliki kartu kredit, besar kemungkinan Anda menerima telepon tak dikenal yang menawarkan asuransi. Meskipun Anda tertarik dengan tawarannya, sebaiknya hindari mengambil asuransi via telepon.

Ini karena asuransi adalah perjanjian yang kompleks. Anda perlu mempelajari segala persyaratan dan manfaat yang kelak Anda dapat. Sementara di telepon, baik Anda maupun penawar tergolong buru-buru, jadi Anda tidak sempat mempelajari semua informasi penting di dalam kontrak.

Jika tertarik, mintakan nomor telepon penawar tersebut, maka atur waktu untuk bertemu langsung.

 

Perhatikan Juga Masa Tunggu Penyakit

Untuk menghindari resiko kerugian, pihak asuransi memberi masa tunggu untuk beberapa jenis penyakit.

Maksudnya begini. Ada beberapa penyakit yang baru bisa diklaim beberapa bulan setelah Anda atau pihak tertanggung mengalaminya. Namun ada juga penyakit yang tidak perlu masa tunggu.

Tanyakan ke pihak asuransi, penyakit apa saja yang termasuk dalam masa tunggu dan berapa lama. Pilihlah Asuransi Kesehatan yang masa tunggu klaimnya lebih cepat.

 

Nah, demikian tadi beberapa informasi terkait asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan memang baik dan bermanfaat untuk Anda, namun tetap diperlukan kecermatan dan ketelitian dalam memilih.

Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: